UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERDIFERENSIASI PADA MATERI PELUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 MOJOSONGO

Putri Novita Sari - Nama Orang; Enika Wulandari - Nama Orang;

Sari, Putri, Novita. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berdiferensiasi Pada Materi Peluang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Mojosongo. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdiferensiasi pada materi peluang terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Mojosongo tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, dengan desain pretest-post-test two treatment design. Seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Mojosongo menjadi populasi penelitian. Teknik cluster random sampling dipilih untuk menentukan sampel dan diperoleh kelas X TKI 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X ATAN 3 sebagai kelas eksperimen 2. Tes digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan Independent sample t-test. Hasil pengujian prasyarat tahap awal dengan data pretest pada uji normalitas menunjukan nilai signifikasi 0,200 (>0,05) maka data berdistribusi normal dan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikasi 0.063 (>0,05) maka data bersifat homogen, dan dilanjutkan uji hipotesis Independent sample t-test didapatkan nilai signifikasi 0,686 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak maka dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest. Dengan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 1 yaitu 31,03 dan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 2 yaitu 29,61. Kemudian analisis data tahap akhir dengan data posttest pada uji normalitas menunjukan nilai signifikasi 0,200 (>0,05) maka data berdistribusi normal dan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikasi 0.074 (>0,05) maka data bersifat homogen, dan dilanjutkan uji hipotesis Independent sample t-test didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima diartikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 lebih tinggi yaitu 70,4 dibandingkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 yaitu 53,27. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kelas X SMK Negeri 1 Mojosongo tahun pelajaran 2024/2025.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SAR e
25SK252
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SAR e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 204 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Putri Novita Sari;Pembimbing,Enika Wulandari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?