Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) mengetahui penggunaan media sosial TikTok siswa kelas 5 MIN Salatiga. 2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas 5 MIN Salatiga. 3) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 MIN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 69 siswa. Data penelitian di kumpulkan melalui kuesioner, dan teknik analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows untuk menguji pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) mayoritas siswa menggunakan TikTok dalam kategori sedang, yaitu sebesar 74%. Siswa menggunakan TikTok secara positif dengan menonton konten edukatif seperti tips belajar, tutorial kerajinan, dan video eksperimen. Selain itu, siswa juga cenderung mengabaikan interaksi sosial dan lupa waktu saat menggunakan media sosial TikTok. 2) motivasi belajar siswa kelas 5 MIN Salatiga sebagian besar berada dalam kategori tinggi, dengan persentase sebesar 49,3%. Siswa kelas 5 MIN Salatiga menunjukkan sikap positif terhadap belajar. Mereka belajar setiap hari, berusaha keras menghadapi materi sulit, antusias dalam diskusi, dan tidak mudah menyerah. Selain itu, siswa juga cenderung malas jika suasana kelas terlalu serius. 3) pengunaan media sosial TikTok berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 MIN Salatiga dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. Berdasarkan perbandingan nilai t_hitung dan t_tabel diperoleh nilai 5.986 > 1.668 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Persentase pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa sebesar 34,8%, sementara 65,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan persamaan regresi Y = 44.135 + 0,663X, dapat disimpulkan bahwa setiap peningkatan penggunaan TikTok 1% akan meningkatkan motivasi belajar sebesar 0,663 yang menunjukkan bahwa penggunaan media sosial TikTok berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 MIN Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025.
Tidak tersedia versi lain