Text
Pengaruh Self Autonomy dan Positif Relationship terhadap Stres Akademik dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga
Tujuan skripsi ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh Self
Autonomy terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Islam
Negeri Salatiga, (2) Untuk mengetahui pengaruh Positif Relationship terhadap stres
akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Islam Negeri Salatiga, 3) Untuk
mengetahui pengaruh Self Autonomy dan Positif Relationship terhadap stres
akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Islam Negeri Salatiga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian
kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Dakwah Universitas islam
Negeri Salatiga yang berjumlah 478 mahasiswa dan jumlah sampel sebanyak 118
mahasiswa yang dipilih melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi linear berganda dengan variabel dependen yaitu stres akademik (Y)
dan variabel independen yaitu Self Autonomy (X) Positif Relationship (X2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pengaruh Self Autonomy
terhadap stres akademik memiliki nilai signifikansi 0,041 yang lebih kecil dari
tingkat signifikansi 0,05. Nilai t hitung sebesar -9,604 lebih besar dari t tabel yaitu
1,65821 dalam nilai absolut, sedangkan koefisien regresi bernilai -0,656,
menunjukkan hubungan negatif. Self Autonomy berpengaruh negatif dan signifikan
terhadap stres akademik. 2) Pengaruh Positif Relationship terhadap stres akademik
memiliki nilai signifikansi 0,000, lebih kecil dari 0,05. Nilai t hitung sebesar -10,84
lebih besar dari t tabel 1,65821 dalam nilai absolut dan memiliki koefisien regresi
bernilai -0,140 menunjukkan hubungan negatif. Positif Relationship juga
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres akademik. 3) Pengaruh bersama
Self Autonomy dan Positif Relationship terhadap stress akademik memiliki nilai
signifikansi pengaruh simultan adalah 0,000, lebih kecil dari 0,05. Nilai F hitung
54,422 lebih besar dari F table yaitu 3,08. Koefisien determinasi R2 = 0,765
menunjukkan bahwa kedua variabel bersama-sama menjelaskan 76,5 % variasi
stress akademik, sedangkan sisanya 23,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti. Self Autonomy dan Positif Relationship secara bersama-sama efektif dalam
menurunkan stres akademik dan Self Autonomy memiliki kontribusi lebih dominan
koefisien -0,656 dibandingkan Positif Relationship koefisien-0,140, menunjukkan
bahwa kemandirian individu memainkan peran kunci dalam mengelola stres.
Tidak tersedia versi lain