UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MENGGUNAKAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Zaena Ulil Fasihah - Nama Orang; Erna Risfaula Kusumawati - Nama Orang;

Fasihah, Zaena Ulil. Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Menggunakan Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Struktur Bumi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas; Talking Stick; Mystery Box; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran Talking Stick menggunakan media Mystery Box pokok bahasan Struktur Bumi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025, serta untuk (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking Stick menggunakan media Mystery Box terhadap hasil belajar kognitif siswa pokok bahasan Struktur Bumi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode True Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini juga menggunakan dua instrumen yaitu instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda (pretest dan posttest) yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Instrumen nontes berupa angket respon siswa yang telah diuji keabsahannya melalui validasi oleh ahli. Data pretest dan posttest dianalisis dengan SPSS 26.0 dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran talking stick menggunakan media mystery box diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 77,13 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah 64,97. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung 3,994 > ttabel 2,000 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga pengambilan keputusan yang dilakukan dengan SPSS 26.0 Independent Sample T-Test dapat disimpukan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran talking stick menggunakan media mystery box efektif terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan struktur bumi kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 FAS e
25SK0000250
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 FAS e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 227 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Zaena Ulil Fasihah;Pembimbing,Erna Risfaula Kusumawati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?