Text
Peran Komunikasi Referral Pada Pemasaran Produk Skincare Wardah di Yogyakarta
Kosmetik menjadi salah satuhal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Wardah merupakan salah satu brand skincare yang dikenal banyak orang. Tidak hanya untuk wanita, skincare Wardah juga dikonsumsi oleh para laki-laki. Tingginya pemasaran Wardah, tidak lepas dari strategi pemasarannya. Wardah mengembangkan sayapnya melalui word of mouth atau yang dikenal dengan pemasaran dari mulut kemulut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi referral yang dilakukan dalam pemasaran produk skincare Wardah di Kota Yogyakarta. Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan Lokasi penelitian di beauty store kosmetik Wardah Plaza Ambarukmo lantai 2. Teknik pengumpulan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi metode. Hasil penelitian pada penulisan ini, komunikasi pemasaran yang digunakan adalah komunikasi referral dengan strategi e-wom atau electronic of mouth. Dimana pemasaran dilakukan secara lisan melalui internet atau media sosial. Pemasaran produk menggunakan strategi brand knowledge, segmentation, dan target.
Tidak tersedia versi lain