UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS IX SMP DHARMA LESTARI TAHUN AJARAN 2024/2025

Vadhia Sukma Kennata - Nama Orang; Saiful Marom - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas IX SMP Dharma Lestari Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Dharma Lestari Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Diperoleh sampel kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan IX D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 62 siswa. Metode pengambilan data dengan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan terakhir uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dan N-Gain Score berbantuan IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan video animasi efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX SMP Dharma Lestari Salatiga. Hasil tersebut dapat dijelaskan dari adanya perbedaan signifikan antara nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 83,00>78,50. Hasil uji ¬Independent Sample T-test juga menguatkan data bahwa terdapat perbedaan rata-rata dengan diperolehnya nilai Sig. (2-tailed) = 0,037 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelas. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 0,66, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh 0,57.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 KEN e
25SK0000242
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 KEN e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 185 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Vadhia Sukma Kennata;Pembimbing,Saiful Marom
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?