Text
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Ulya, Naili Himmatul. 2025. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Menggunakan Media Pop Up Book pada Siswa Kelas V Semester Genap di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPAS, Media Pop Up Book Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V semester genap di ΜI Αl-Μahmud Κumpulrejo 01 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan disetiap siklus nya yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop up book berhasil meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01. Peningkatan ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan pra siklus yang hanya 38,46% atau 10 siswa tuntas, meningkat menjadi 19 orang siswa tuntas dengan presentase 73,08% pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan hingga 92,31% pada siklus II dengan 24 siswa mampu mencapai ketuntasan dan 2 lainnya belum tuntas. Presentase ketuntasan pada siklus II sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal sehingga tidak diperlukan melaksanakan siklus selanjutnya dan penelitian dianggap selesai.
Tidak tersedia versi lain