Text
PENGEMBANGAN E-LKPD AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Solakhudin, Muhammad, Zazid. 2025. Pengembangan E-LKPD Augmented Reality Berbasis Android dengan Pendekatan Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD); Bangun Ruang Sisi Lengkung; Etnomatematika; Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk E-LKPD Augmented Reality berbasis Android dengan pendekatan Etnomatematika sebagai media pembelajaran pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Produk ini dirancang agar valid, efektif, dan praktis dalam mendukung proses pembelajaran, serta mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Pabelan. Produk ini dikembangkan menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Pabelan pada tahun pelajaran 2024/2025. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menggunakan skala Likert. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa aspek didaktik, kualitas materi, dan kesesuaian dengan etnomatematika memperoleh persentase kevalidan berturut-turut sebesar 95%, 92,5%, dan 93,33%, yang dikategorikan sangat valid. Dari segi media, aspek tampilan, kebahasaan, dan kualitas teknik memperoleh nilai 85%, 90%, dan 80%, sehingga dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan E-LKPD diuji melalui pretest dan posttest. Uji validitas soal menggunakan Product Moment menunjukkan bahwa semua butir soal valid, sementara uji reliabilitas Cronbach Alpha memperoleh nilai 0,868, yang masuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Daya pembeda soal menunjukkan bahwa sebagian besar soal memiliki daya pembeda yang baik hingga sangat baik. Hasil Uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga
Tidak tersedia versi lain