UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGEMBANGAN GAME KINGDOM BERBASIS ANDROID CONSTRUCT 3 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SALATIGA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Laila Sa'ida - Nama Orang; Erna Risfaula Kusumawati - Nama Orang;

Sa’ida, Laila. 2025. Pengembangan Game KINGDOM Berbasis Android Construct 3 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Game Edukasi; Construct 3; Klasifikasi Makhluk Hidup Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, karakteristik, kelayakan, dan kepraktisan produk pengembangan. Produk berupa game edukasi berbasis android menggunakan software Construct 3 berisikan submateri klasifikasi makhluk hidup guna meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Salatiga. Game dapat digunakan secara offline dan mandiri. Game yang telah dikembangkan memiliki karakteristik yaitu genre adventure, informatif, dan tetap dapat digunakan dengan smartphone meski tanpa jaringan internet. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan dua orang praktisi (guru). Penelitian menggunakan model 3D dengan tahap meliputi define, design, dan develop. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan instrumennya meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar kuesioner, serta dokumentasi. Diperoleh hasil untuk kebutuhan siswa dengan persentase 67% sehingga masuk ke dalam kategori dibutuhkan. Hasil uji kelayakan media diperoleh hasil 88% dan uji kelaykan materi sebesar 95% sehingga keduanya masuk ke dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan revisi. Sedangkan uji kepraktisan media game oleh dua praktisi diperoleh hasil 94% dan oleh siswa diperoleh hasil 87% yang keduanya memenuhi kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, maka media ini layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SAI p
25SK0000232
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SAI p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 200 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan dan pemikiran Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Laila Sa'ida,Erna Risfaula Kusumawati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?