UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI DAN BP PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

NASYITH AISYA NABILA - Nama Orang; Mansur - Nama Orang;

Nabila, Nasyith Aisya. 2025. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI dan BP Peserta Didik di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Belajar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik, faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik, solusi dari faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari lapangan. Pada penelitian ini peneliti mendapatkan informan yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum dan kesiswaan, guru PAI dan BP, peserta didik. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga komponen yaitu dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar PAI dan BP peserta didik di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025 disesuaikan dengan tiga aspek, yaitu kesiapan, minat dan gaya belajar peserta didik yang dipetakan melalui asesmen diagnostik awal. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan empat komponen yaitu konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Pelaksanaannya dipengaruhi oleh faktor penghambat yaitu keterbatasan kreativitas guru, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang kurang memadahi. Solusi dari faktor penghambat yaitu dengan In House Training (IHT) bagi guru, persiapan pembelajaran yang matang dan manajemen waktu dengan baik, peningkatan dan pemanfaatan sarana dan prasarana secara maksimal sesuai dengan kebutuhan belajar.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 NAB i
25SK0000228
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 NAB i
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 137 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan dan pemikiran Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,NASYITH AISYA NABILA;Pembimbing,Mansur
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?