Text
PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS WEBLOG ANDROID MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Febriyanti, Nahriyah. 2025. Pengembangan E-modul IPA Berbasis Weblog Android Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Bagi Kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan; E-modul IPA; Weblog Android Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui; (1) Analisis kebutuhan e-modul IPA berbasis weblog android materi klasifikasi makhluk hidup bagi siswa kelas VII SMP; (2) Karakteristik e-modul yang dikembangkan; (3) Kelayakan e-modul yang dikembangkan; (4) Kepraktisan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) mengadaptasi model 4D oleh Thiagarajan tanpa menggunakan tahap penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini validator media dan desain, validator materi dan bahasa, guru SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang serta siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan wawancara serta data kuantitatif didapatkan dari hasil angket kelayakan dan kepraktisan menggunakan skor penilaian berdasarkan skala Likert. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis kebutuhan menggunakan angket kebutuhan oleh guru dan 100 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang menunjukkan perlu adanya pengembangan e-modul IPA berbasis weblog android materi klasifikasi makhluk hidup bagi siswa kelas VII; (2) Karakterisitik e-modul IPA berbasis weblog android materi klasifikasi makhluk hidup bagi siswa kelas VII dibuat dengan bantuan google sites dengan tampilan menarik serta interaktif didukung dengan kemudahan dalam pengaksesan di mana pun dan kapan pun; (3) Uji kelayakan produk pada aspek media dan desain diperoleh 98,33% (sangat layak), uji kelayakan materi diperoleh 94.23% (sangat layak); (4) Uji kepraktisan produk oleh guru diperoleh 90.00% (sangat praktis) dan uji kepraktisan siswa dengan uji skala kecil sebanyak 15 siswa diperoleh 88,50% (sangat praktis).
Tidak tersedia versi lain