Text
PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATICCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD ISLAM AR RAHMAH SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode laticce terhadap hasil belajar siswa materi perkalian pada mata pelajaran matematika di kelas III SD Islam Ar Rahmah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen berupa pretest dan posttest. Sampel penelitian ini melibatkan 47 siswa, terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode laticce dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi perkalian kelas III di SD Islam Ar Rahmah. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis menggunakan IBM SPSS Statistic 25, dimana uji independent sampel t test menunjukkan nilai Sig (2 – tailed) sebesar 0,008, yang artinya lebih kecil dari 0,05 (0,008 < 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, analisis uji regresi linear sederhana juga menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,008, yang juga lebih kecil dari 0,05 (0,008 < 0,05). Rata – rata nilai posttest pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode laticce adalah 81,87, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konversional memperoleh rata – rata 74,81.
Tidak tersedia versi lain