UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VII SMP NEGERI 2 BAWEN

DIAN NOVITA KRISTIA NINGRUM - Nama Orang; Enika Wulandari - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bangun rung sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bawen, dengan sampel Kelas VII A sebagai kelas kontrol dan Kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 61 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Clustered Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi, kemudian data dianalisis secara dua tahap, yaitu analisis data tahap awal dan analisis data tahap akhir. Analisis data tahap awal dan tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji kesamaan rata-rata menggunakan uji Independent Sample T-test berbantuan software IBM SPSS Statistic 25.0. Analisis data tahap awal terhadap nilai pretest menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi masing-masing kelas sebesar 0,200  0,05. Selanjutnya, kedua kelas juga bersifat homogen, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,072  0,05. Kemudian hasil pretest menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi 0,410  0,05. Hasil analisis data tahap akhir terhadap nilai posttest kedua kelas juga berdistribusi normal dengan nilai signifikansi kelas eksperimen sebesar 0,173  0,05 dan kelas kontrol sebesar 0,200  0,05. Kedua kelas juga tetap bersifat homogen dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,817  0,05. Uji kesamaan rata-rata tahap akhir memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,044  0,05, artinya terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas kontrol yaitu 72,839  66,083. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 NIN e
25SK0000218
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 NIN e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 213 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,DIAN NOVITA KRISTIA NINGRUM;Pembimbing,Enika Wulandari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?