UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKEFTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL QUIZ GAME TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA SISWA MI NEGERI SALATIGA KELAS 1

Nur Sholechah - Nama Orang; Fatkhur Rozi - Nama Orang;

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran wordwall quiz game terhadap hasil belajar kognitif materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa MI Negeri Salatiga Kelas I. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain eksperimen semu atau biasa disebut dengan quasi eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan The Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Jadi dalam penelitian ini terdapat dua kelompok kelas yang akan dijadikan sampel yaitu kelas eksperimen (1C) yang berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol (1B) yang berjumlahn 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan soal tes tertulis pilihan ganda. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall quiz game cukup efektif terhadap hasil belajar kognitif materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa MI Negeri Salatiga Kelas I. Hasil uji Independent Sample T Test yaitu diperoleh hasil nilai sig. (2 tailed) adalah 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai sig. 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai signifikansi menunjukkan kurang dari 0,05 sehingga kesimpulannya Ha diterima dan H0 ditolak. dengan df = 50 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai ttabel = 2,009 dan thitung dalam perhitungan uji tersebut diperoleh -8,577. Berdasarkan data tersebut, diperoleh -8,577 kurang dari 2,009 atau thitung < ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya didukung hasil uji N-Gain di kelas eksperimen sebesar 66,4432% atau 66,4% yang termasuk dalam rentang 56% - 75% maka termasuk dalam kategori “cukup efektif” . Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil uji N-Gain tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahwa media pembelajaran wordwall quiz game cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika pada kelas I MI Negeri Salatiga.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SHO e
25SK0000212
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SHO e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 147 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Nur Sholechah;Pembimbing,Fatkhur Rozi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?