Text
PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MATERI MENGENAL ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DI MI RAUDLATUL MUTA’ALIMIN TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V materi organ pernapasan manusia di MI Raudlatul Muta’alimin, Kabupaten Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa akibat metode pembelajaran yang bersifat pasif dan kurang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa, terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, dengan uji validitas dan reliabilitas melalui SPSS. Hasil uji t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest kelompok eksperimen dan kontrol (Sig. 0,000 < 0,05). Nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 57,49% (cukup efektif), sedangkan kelompok kontrol sebesar 38,52% (kurang efektif). Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis penemuan yang didukung media AR efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi AR dalam model pembelajaran sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan abad 21.
Tidak tersedia versi lain