UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MATERI MENGENAL ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DI MI RAUDLATUL MUTA’ALIMIN TAHUN AJARAN 2024/2025

Muh Tubagus Naufal Fahmi - Nama Orang; suwardi - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V materi organ pernapasan manusia di MI Raudlatul Muta’alimin, Kabupaten Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa akibat metode pembelajaran yang bersifat pasif dan kurang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa, terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, dengan uji validitas dan reliabilitas melalui SPSS. Hasil uji t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest kelompok eksperimen dan kontrol (Sig. 0,000 < 0,05). Nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 57,49% (cukup efektif), sedangkan kelompok kontrol sebesar 38,52% (kurang efektif). Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis penemuan yang didukung media AR efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi AR dalam model pembelajaran sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan abad 21.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 FAH p
25SK0000211
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 FAH p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 116 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan dan pemikiran Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Muh Tubagus Naufal Fahmi;Pembimbing,suwardi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?