UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII DI SMP DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

U'UNG RIFIANTOKO - Nama Orang; Muslimah Susilayati - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran REACT berbantuan Video Pembelajaran terhadap hasil belajar pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true eksperiment, menggunakan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Lestari. Sampel diambil menggunakan teknik sampel cluster random sampling, menghasilkan kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan kelas berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket respon siswa, observasi, dan dokumentasi. Soal tes hasil belajar telah diuji validitasnya melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda soal. Analisis data dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25, mencakup uji normalitas dan homogenitas dilanjutkan, uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol yaitu 80,33 > 70,10. Hal ini dibuktikan dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran REACT berbantuan video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar dalam pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga tahun pelajaran 2024/2025


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 RIF e
25SK0000210
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 RIF e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 193 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,U'UNG RIFIANTOKO;Pembimbing,Muslimah Susilayati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?