Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII DI SMP DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran REACT berbantuan Video Pembelajaran terhadap hasil belajar pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true eksperiment, menggunakan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Lestari. Sampel diambil menggunakan teknik sampel cluster random sampling, menghasilkan kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan kelas berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket respon siswa, observasi, dan dokumentasi. Soal tes hasil belajar telah diuji validitasnya melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda soal. Analisis data dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25, mencakup uji normalitas dan homogenitas dilanjutkan, uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol yaitu 80,33 > 70,10. Hal ini dibuktikan dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran REACT berbantuan video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar dalam pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga tahun pelajaran 2024/2025
Tidak tersedia versi lain