UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Statistika di SMP Negeri 10 Salatiga.

Eka Septiana - Nama Orang; Muhamad Gani Rohman - Nama Orang;

Septiana, Eka. 2025. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Statistika di SMP Negeri 10 Salatiga. Skripsi: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Gani Rohman, M.Pd. Kata kunci: Problem Based Learning, Kartu Soal, dan Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Problem Based Learning berbantuan kartu soal sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Problem Based Learning berbantuan kartu soal, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga, dengan teknik sampel teknik Cluster Random Sampling yang sebelumnya diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Pengambilan sampel menghasilkan dua kelas terpilih, yaitu VIIIG sebagai kelas eksperimen dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan mendapat perlakuan dengan Model Problem Based Learning berbantuan kartu soal, sedangkan kelas kontrol dengan Model Think Pair Share. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis I yaitu menggunakan uji paired sample t test dan uji N-Gain. Uji paired sample t test menunjukan nilai


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SEP e
25SK0000199
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SEP e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 222 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Eka Septiana;Pembimbing,Muhamad Gani Rohman
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?