UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA RUMAH BELAJAR PADA KELOMPOK B1 DI RA GLORY ISLAMIC KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Yulia Dwi Anggraini - Nama Orang; Ghaida Zukhruf Tsaniyatsnaini - Nama Orang;

Penelitian ini mengkaji tentang Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Rumah Belajar Pada Kelompok B1 di RA Glory Islamic Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Perbedaan kemampuan kognitif anak usia dini menjadi latar belakang penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan kognitif melalui media rumah belajar pada siswa di RA Glory Islamic Kota Salatiga. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Glory Islamic Kota Salatiga yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 11 anak laki laki dan 8 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media Rumah Belajar mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil pada tiap siklusnya. Pada pra siklus sebanyak 26% anak tergolong belum berkembang berjumlah 5, sebanyak 58% berada di kategori mulai berkembang berjumlah 11 anak, dan hanya 16% atau 3 anak yang telah berkembang sesuai harapan. Sedangkan pada siklus I, 11 anak (58%) berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), dan 8 anak (42%) termasuk dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II, 17 anak (89%) mencapai tingkat ketuntasan belajar dan mendapatkan skor tinggi, sementara 2 anak (11%) belum mencapai skor minimal. Persentase ketuntasan belajar keseluruhan mencapai 89,47%, yang kemudian dibulatkan menjadi 89%, sedangkan sisanya 11% belum tuntas.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 ANG u
25SK0000196
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ANG u
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 146 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan dan pemikiran Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Yulia Dwi Anggraini;Pembimbing,Ghaida Zukhruf Tsaniyatsnaini
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?