UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATERI STATISTIKA FASE E DI SMA ASSALAM TEMPURAN

TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI LATIFAH - Nama Orang; Enika Wulandari - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan game edukasi berbasis Android menggunakan Construct 2 pada Materi Statistika Fase E di SMA Assalam Tempuran serta menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Assalam Tempuran Fase E Tahun Pelajaran 2024/2025. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan media (game edukasi), lembar soal Pretest-Posttes, lembar kepraktisan guru dan siswa. Analisis data yang dilakukan dalam studi pendahuluan adalah kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis data kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji One Sample T-Test. Proses pengembangan dimulai dari tahap analysis dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa dan karakteristik materi statistika. Pada tahap design, dirancang alur permainan dan storyboard. Tahap development mencakup pembuatan game menggunakan Construct 2 serta validasi oleh ahli materi dan media. Tahap implementation dilakukan melalui uji coba kecil di satu kelas, sedangkan evaluation dilakukan secara formatif melalui masukan para ahli dan secara sumatif melalui pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan game edukasi sangat valid, nilai 88% dari ahli materi dan 86% dari ahli media. Kepraktisan dinilai sangat baik dengan respon guru 86% dan siswa 91,33%. Uji keefektifan meliputi Uji Normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji One Sample T-Test. Uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest dengan signifikansi 0,001, menandakan adanya perbedaan yang signifikan. Selanjutnya, uji One Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai posttest siswa secara signifikan melampaui nilai KKTP (70), yang membuktikan bahwa game edukasi ini efektif dalam mendukung hasil belajar siswa. Dengan demikian, game edukasi ini valid, praktis, dan efektif dalam mendukung hasil belajar siswa.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 LAT p
25SK0000192
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 LAT p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 205 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,TRIKUNTHI INDRAWATI KARTINI LATIFAH;Pembimbing,Enika Wulandari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?