UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED-COLLABORATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X-ATPH SMK AL-ITTIHAD BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Nur Laila Rosyida - Nama Orang; Wulan Izzatul Himmah - Nama Orang;

Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Open Ended-Collaboration terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi trigonometri pada siswa kelas X-ATPH SMK Al-Ittihad Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X-ATPH SMK Al-Ittihad Bringin Kabupaten Semarang dan diperoleh sampel kelas X A- ATPH dan X B – ATPH yang berjumlah 52 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sensus atau sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji normalitas dan homogenitas, lalu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test dan uji independent sample t-test. Dari hasil penelitian ini diperoleh beberapa data yaitu: (1) hasil uji one sample t-test rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran model Open Ended- Collaboration terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebesar 78,07. (2) hasil uji independent sample t-Test terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh rata-rata nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Open Ended-Collaboration efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi trigonometri pada siswa kelas X-ATPH SMK Al-Ittihad Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 ROS e
25SK0000191
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ROS e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 286 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Nur Laila Rosyida;Pembimbing,Wulan Izzatul Himmah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?