UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KOKAMI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ISLAM NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Arina Kurotul Ulya - Nama Orang; Winarno - Nama Orang;

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Learning Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media KOKAMI terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental, yaitu model postest-only control grup design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Ngadirejo yang terdiri dari 11 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi dan tes, dimana metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa dan nilai siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh nilai postest. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata postest pemahaman konsep matematika kelas eksperimen sebesar 83,42 dan kelas kontrol 67,48. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hasil postest pemahaman konsep matematika adalah uji Mann Whitney U Test, yang menghasilkan nilai Asym.sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansinya < 0,05. Menurut hasil tersebut menunjukan bahwa keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, hasil uji tersebut mengindikasikan bahwa rata-rata nilai postest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media KOKAMI efektif terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2024/2025.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 ULY e
25SK0000185
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ULY e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 211 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Arina Kurotul Ulya;Pembimbing,Wnarno
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?