UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Kurniawan - Nama Orang; Muhamad Gani Rohman - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada materi statistika di SMP Muhammadiyah Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantuan LKPD, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Seluruh partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga, dan strategi sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu sampling yang telah melalui uji homogenitas, normalitas, dan kesamaan rata-rata. Sehingga peneliti menetapkan kelas VIII Al-Mahir sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Al-Najah sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen akan menerima model Problem Based Learning berbantuan LKPD, sedangkan kelas kontrol akan menerima model Think Pair Share. Analisis data melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil uji-t berpasangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen setelah penerapan Problem Based Learning lebih baik dari sebelum penerapan, dengan nilai t hitung = 11,227 > t tabel = 1,734 dan skor rata-rata peningkatan (n-gain) sebesar 0,56 yang termasuk kategori sedang. Uji t satu pihak kanan menunjukkan bahwa t hitung = 5,574 > t tabel = 1,687, yang menandakan bahwa hasil posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada materi statistika di SMP Muhammadiyah Salatiga tahun pelajaran 2024/2025.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 KUR e
25SK0000184
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 KUR e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 218 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Kurniawan;Pembimbing,Muhamad Gani Rohman
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?