Text
PENGARUH KONSELING KELOMPOK REBT BERMUATAN MUROQOBAH TERHADAP PERILAKU PHUBBING PADA SISWA KELAS XI DI SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Setyaningrum, Ana. 2025. Pengaruh Konseling Kelompok REBT Bermuatan Muroqobah terhadap Perilaku Phubbing pada Kelas XI di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pebimbing: Andar Ifazatul Nurlatifah, M.Pd.I. Kata Kunci : Konseling Kelompok; REBT; Muroqobah; Phubbing Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi perilaku phubbing sebelum di berikan layanan konseling kelompok REBT bermuatan muroqobah, (2) kondisi perilaku phubbing setelah di berikan layanan konseling kelompok REBT bermuatan muroqobah, (3) Menganalisis hasil uji statistik apakah konseling kelompok REBT berpengaruh tehadap perilaku phubbing pada siswa kelas XI di Smk Telekomunikasi Tunas Harapan. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Populasi berjumlah 60 orang siswa dan pengambilan sampel diambil dari 9 siswa kelas XI yang memiliki tingkat perilaku phubbing yang tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan angket pernyataan perilaku phubbing. Teori yang di gunakan yaitu dari Karadeg. Untuk validasi data terdapat 21 hasil yang valid dan 4 yang tidak valid sedangkan untuk uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,913. Analisis data menggunakan statistic deskriptif serta uji non parametik Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 siswa memiliki tingkat perilaku phubbing rendah, 34 siswa masuk dalam kategori sedang, dan 25 siswa masuk dalam kategori tinggi. skor rata-rata (mean) hasil pretest adalah 89.56, untuk std.deviation perilaku phubbing menjadi menurun dari 6.654 menjadi 6.572 dan dari perhitungan uji Wilcoxon Signed-Rank Test yang diperoleh nilai sig, (2- Tailed) sebesar 0,007
Tidak tersedia versi lain