UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET PADA ANAK KELOMPOK B TK HIKMAH TAZKIA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Inats Taqiya - Nama Orang; Ibdaul Latifah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet melalui pembuatan media poster pada anak kelompok B di TK Hikmah Tazkia Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B2 TK Hikmah Tazkia Salatiga yang berjumlah 12 anak (7 laki-laki dan 5 perempuan) dengan rentang usia 5–6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes lisan, dokumentasi, dan penilaian hasil karya anak berupa poster huruf alfabet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan melibatkan anak secara aktif dalam membuat proyek berupa poster huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet anak kelompok B2 TK Hikmah Tazkia Salatiga. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pra-siklus yang menunjukkan persentase sebesar 16,67%. Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 13 dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan persentase ketuntasan 41,67%, dengan 5 siswa mencapai ketuntasan. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus II, dengan skor rata-rata kelas sebesar 16 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Pada siklus ini, 6 siswa mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 4 siswa mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), sehingga seluruh 10 siswa dinyatakan tuntas. Penelitian dihentikan pada siklus II karena ketuntasan klasikal telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yaitu 75%, dan ketuntasan individual juga telah tercapai.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 TAQ p
25SK0000167
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 TAQ p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 212 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Inats Taqiya;Pembimbing,Ibdaul Latifah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?