UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGRUH ICE BREAKING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI SDN LEDOK 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Azizatul latifah - Nama Orang; MARWANTO - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap tingkat konsentrasi siswa, untuk mengetahui perbedaan tingkat konsentrasi siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan ice breaking, untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan ice breaking, serta untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking terhadap tingkat konsentrasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen serta menggunakan sampel berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan pretest untuk mengetahui tingkat awal konsentrasi dan hasil belajar sebelum perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ledok II, yang berlokasi di Jl. Veteran 43, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan kuesioner untuk mengukur tingkat konsentrasi belajar siswa. Hasil uji MANOVA dengan nilai sig. = 0,005 (< 0,05) hal ini menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking dalam pembelajaran dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 88,33 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 86,87. Pada tabel Tests of Between-Subjects Effects uji MANOVA, nilai sig. pada hasil belajar sebesar 0,032 < 0,05, ini berarti ice breaking berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan tabel Tests of Between-Subjects Effects pada uji MANOVA, nilai F konsentrasi belajar sebesar 10.516 dan nilai F hasil belajar sebesar 5.036. Hal ini berarti pengaruh ice breaking terhadap konsentrasi belajar lebih besar daripada pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 LAT p
25SK0000163
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 LAT p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 148 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Azizatul latifah;Pembimbing,MARWANTO
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?