Text
PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI LEDOK 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ledok 02 pada mata pelajaran matemarika sebelum menggunakan model Quantum Teaching. (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ledok 02 pada mata pelajaran matematika setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Serta (3) Mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 17 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Validitas instrumen tes dinilai dengan menggunakan uji validitas, keandalan diuji melalui uji reliabilitas, tingkat kesulitan diukur menggunakan uji taraf kesukaran, dan perbedaan antar soal dianalisis dengan uji daya beda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Paired Sample T-Test Sebelum penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Ledok 02 nilai pretest siswa adalah 40,59. Setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 82,35. Selanjutnya model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Analisis Uji T-Test menunjukkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 26.0, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05.
Tidak tersedia versi lain