UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA DONGENG KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Ririn Rofitasari - Nama Orang; Imam Mas Arum - Nama Orang;

Rofitasari, Ririn. 2025. “Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci : metode pembelajaran inkuiri; berpikir kritis; unsur intrinsik cerita dongeng. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Implementasi metode pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita dongeng, 2) Menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya, 3) Merumuskan solusi terhadap hambatan yang dihadapi selama proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah Suruh Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode pembelajaran inkuiri secara sistematis melalui tahapan orientasi, perumusan masalah, pengajuan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dan kemampuan berpikir kritis mereka. 2) Faktor pendukung keberhasilan implementasi metode ini antara lain tersedianya media pembelajaran seperti buku dongeng dan lembar kerja siswa, peran aktif guru sebagai fasilitator, serta pojok baca. Adapun hambatan yang ditemui mencakup keterbatasan waktu pembelajaran dan heterogenitas tingkat kemampuan siswa. 3) Solusi dari faktor penghambat tersebut yaitu dengan penyesuaian strategi pengelolaan waktu agar pembelajaran tetap berjalan efektif serta pemberian motivasi personal agar siswa mau terlibat dalam proses berpikir.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 ROF i
25SK0000156
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ROF I
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 160 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Ririn Rofitasari;Pembimbing,Imam Mas Arum
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?