UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI CERITA SISWA KELAS II MI PAYUNGAN KEC KALIWUNGU KAB SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Faqih Ajar Sambodo - Nama Orang; Imam Mas Arum - Nama Orang;

Sambodo, Faqih Ajar. 2025. “Efektivitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca dan Memahami Cerita Siswa Kelas II MI Payungan Kecamatan Kaliwungu Kababupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN). Pembimbing : Imam Mas Arum. M.Pd. Kata kunci: media flashcard, kemampuan membaca, pemahaman bacaan, one-group pretest-posttest Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca dan memahami bacaan siswa kelas II MI Payungan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan membaca dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada teks cerita. Media pembelajaran yang menarik seperti flashcard diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II MI Payungan yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes membaca dan pemahaman bacaan dalam bentuk pertanyaan singkat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 57,75 dan posttest adalah 81. Berdasarkan uji Wilcoxon , diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca dan memahami bacaan siswa kelas II MI Payungan.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SAM e
25SK0000155
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SAM E
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 109 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
PenulisFaqih Ajar Sambodo;Pembimbing,Imam Mas Arum
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?