UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Anastasya Pramesti - Nama Orang; RASIMIN - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda Lopait Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui peran lingkungan keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar matematika (3) menemukan upaya yang efektif untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar matematika disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup sikap siswa terhadap pembelajaran, motivasi belajar yang rendah, kondisi fisik yang kurang optimal, dan keterbatasan kemampuan pengindraan. Sementara itu, faktor eksternal meliputi kurangnya variasi metode mengajar guru, pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana sekolah yang kurang memadai, serta kurangnya perhatian dari lingkungan keluarga. (2) Minimnya pendampingan, kurangnya pengawasan orang tua. Dukungan dan keterlibatan orang tua terbukti penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang membantu siswa mencapai keberhasilan, khususnya dalam mata pelajaran matematika. (3) Upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut antara lain penerapan pendekatan pembelajaran matematika, optimalisasi penggunaan media pembelajaran, peningkatan variasi latihan soal, serta penguatan kolaborasi antara pihak sekolah dengan orang tua/wali murid dalam memantau perkembangan belajar siswa.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 PRA a
25SK0000150
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 PRA A
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 144 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Anastasya Pramesti;Pembimbing,RASIMIN
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?