Text
PENGARUH LINGKUNGAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA TAKHASSUS DI MTsN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus; (2) Mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus; (3) Mengetahui pengaruh lingkungan dan minat belajar siswa secara simultan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Magelang pada bulan Februari 2025. Total populasi yang diambil adalah 87 siswa mulai dari kelas VII, VIII, dan IX Takhassus. Adapun sampel diambil dari total keselurahan populasi atau menggunakan teknik total sampling yakni 87 siswa. Sebab jumlah populasi kurang dari 100 responden. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu Lingkungan Belajar (X1), Minat Belajar Siswa (X2), dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an (Y). Uji instrumen yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas dengan jumlah butir pernyataan yang diterima ialah 71 butir pernyataan. Analisis data yang dipakai dengan berbantuan SPSS for windows 25 version. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) terdapat pengaruh senilai 4,6% antara lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus di MTsN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025; (2) terdapat pengaruh sebesar 70,8% antara minat belajar siswa dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus di MTsN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025; (3) terdapat pengaruh antara lingkungan dan minat belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus di MTsN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025 secara simultan. Terkait hasi uji Koefisien Determinasi (r2) pada variabel independen, secara simultan dapat ditunjukkan dengan perolehan hasil senilai 0,477 atau 47,7%.
Tidak tersedia versi lain