UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH LINGKUNGAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA TAKHASSUS DI MTsN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Fissilfi 'Ain 'Aziziya - Nama Orang; Imam Mas Arum - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus; (2) Mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus; (3) Mengetahui pengaruh lingkungan dan minat belajar siswa secara simultan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Magelang pada bulan Februari 2025. Total populasi yang diambil adalah 87 siswa mulai dari kelas VII, VIII, dan IX Takhassus. Adapun sampel diambil dari total keselurahan populasi atau menggunakan teknik total sampling yakni 87 siswa. Sebab jumlah populasi kurang dari 100 responden. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu Lingkungan Belajar (X1), Minat Belajar Siswa (X2), dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an (Y). Uji instrumen yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas dengan jumlah butir pernyataan yang diterima ialah 71 butir pernyataan. Analisis data yang dipakai dengan berbantuan SPSS for windows 25 version. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) terdapat pengaruh senilai 4,6% antara lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus di MTsN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025; (2) terdapat pengaruh sebesar 70,8% antara minat belajar siswa dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus di MTsN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025; (3) terdapat pengaruh antara lingkungan dan minat belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus di MTsN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025 secara simultan. Terkait hasi uji Koefisien Determinasi (r2) pada variabel independen, secara simultan dapat ditunjukkan dengan perolehan hasil senilai 0,477 atau 47,7%.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 AZI p
25SK0000149
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 AZI P
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 160hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Fissilfi 'Ain 'Aziziya;Pembimbing,Imam Mas Arum
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?