UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENYAMPAIKAN PENDAPAT DENGAN MEDIA POSTER MELALUI MODEL GAMIFIKASI ELEMEN LEADERBOARD KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AT-TAQWA TAHUN AJARAN 2024/2025

MELLINA BUDININGSIH - Nama Orang; Imam Mas Arum - Nama Orang;

Budiningsih, Mellina. 2025. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyampaikan Pendapat Melalui Model Gamifikasi Elemen Leaderboard Dengan Media Poster Kelas IV Sdist At-Taqwa Getasan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN). Dosen Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Menyampaikan Pendapat, Gamifikasi elemen leaderboard, Poster. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi menyampaikan pendapat, melalui model pembelajaran gamifikasi dengan elemen leaderboard dan media poster di kelas IV SDIST At-Taqwa Getasan tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIST At-Taqwa yang terdiri dari 16 siswa, 9 siswa putra dan 7 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi dan keterlibatan siswa. Pada tahap pra siklus ketuntasan diperoleh sebesar 31,25% dengan 5 siswa tuntas dan 11 belum tuntas. Selanjutnya di Siklus I diperoleh ketuntasan 43,75% sebanyak 7 siswa tuntas dan 9 siswa belum tuntas. Lalu terjadi peningkatan di Siklus II dengan perolehan 87,5% dengan 14 siswa tuntas dan 2 belum tuntas. Dalam siklus I, ditemukan bahwa siswa masih kurang antusias dan banyak yang belum tuntas, tetapi pada siklus II, siswa menunjukkan peningkatan minat dan partisipasi yang lebih aktif. Penggunaan elemen leaderboard berhasil memicu semangat kompetisi di antara siswa. Selain itu, media poster sebagai alat bantu visual membantu siswa dalam mengekspresikan pendapat dengan cara yang lebih menarik dan efektif.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 BUD p
25SK0000145
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 BUD P
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 166 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,MELLINA BUDININGSIH;Pembimbing,Imam Mas Arum
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?