UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI KALIMAT MAJEMUK SEBAB AKIBAT DI KELAS V MIN 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

ANNYSA ULYA DAROJATININGRUM - Nama Orang; MARWANTO - Nama Orang;

Darojatinningrum, Annysa Ulya.2025. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Kalimat Majemuk Sebab Akibat di Kelas V MIN 5 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Model, Jigsaw, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada mata pelajaran kalimat majemuk sebab akibat dikelas V MIN 5 Semarang. Peneliti ingin mengetahui apakah model pembelajaran jigsaw mempunyai.dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dikelas V MIN 5 Semarang. Penelitian ini menerapkan desain Quasi Experimental Design dengan membagi peserta menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menerima perlakuan (eksperimen) dan kelompok yang tidak menerima perlakuan (kontrol). Kelompok yang menerima perlakuan menjalani proses pembelajaran menggunakan model Jigsaw, sedangkan kelompok yang tidak menerima perlakuan mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Dalam penelitian ini, model Jigsaw berfungsi sebagai variabel independen, sedangkan hasil belajar dianggap sebagai variabel dependen. populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Negeri 5 Semarang, yang terdiri dari 21 siswa dalam kelompok perlakuan dan 20 siswa dalam kelompok yang tidak menerima perlakuan. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan metode Independent Sample T-test untuk menguji pengarh model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas V. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen yang mencapai 90,571, sementara kelompok kontrol hanya mendapatkan rata-rata 62,95. Uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang berada di bawah 0,05. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini memperkuat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MIN 5 Semarang.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 DAR p
25SK0000142
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 DAR P
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 161 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan dan pemikiran Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,ANNYSA ULYA DAROJATININGRUM;Pembimbing,MARWANTO
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?