Text
STRATEGI & EVALUASI GURU DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN PANCASILA SDIT NURUL ISLAM TENGARAN
Az Zahra, Melia Nida. 2025. Strategi & Evaluasi Guru dalam Penanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Mata Pelajaran Pancasila SDIT Nurul Islam Tengaran. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ms Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: strategi guru, evaluasi, pendidikan karakter, mata pelajaran pancasila. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mata pelajaran Pancasila guna menanamkan Pendidikan karakter pada peserta didik kelas I di SDIT Nurul Islam Tengaran. 2) Menjelaskan cara guru dalam proses evaluasi pendidikan karakter peserta didik kelas I di SDIT Nurul Islam Tengaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, 4 guru kelas I, 2 guru PAI, dan 5 peserta didik kelas I SDIT Nurul Islam Tengaran. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan pendidikan karakter di SDIT Nurul Islam Tengaran terbukti berhasil melalui program BPI dan mentoring. Guru kelas I berperan sebagai contoh berperilaku dan pengajar dengan menggunakan strategi terintegrasi dalam mata pelajaran Pancasila dengan kegiatan pembiasaan 3S, mentoring karakter, hafalan hadits, dan penguatan nilai Pancasila. 2) Evaluasi pendidikan karakter di SDIT Nurul Islam menggunakan pengamatan sikap dan perilaku siswa sebagai fokus utama. Hasil evaluasi tersebut akan dikomunikasikan dengan orang tua terkait perkembangan karakter peserta didiknya. Evaluasi kepada guru SDIT Nurul Islam dilaksanakan melalui rapat agar guru dapat memperbaiki proses pembelajaran menjadi lebih baik.
Tidak tersedia versi lain