Text
EFEKTIVITAS METODE DISKUSI BUZZ GROUP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V MI MA’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO KECAMATAN ARGOMULYO SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025
Mahmudah, Intan Fa’izatul. 2025. Efektivitas Metode diskusi Buzz Group Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo : skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Arif Al Fikri, M. Pd Kata Kunci: Metode diskusi Buzz Group dan kemampuan berpikir kritis Tujuan dari penelitian ini untuk menilai efektivitas metode diskusi Buzz Group dalam kemampuan berpikir kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, yang melibatkan pretest dan posttest sebagai bagian dari sampel. Total peserta penelitian ini adalah 31 siswa, terdiri dari 16 siswa di kelas eksperimen dan 15 siswa di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini mencakup tes, perangkat pembelajaran, dan dokumentasi. Teknik analisis pra syarat yang diaplikasikan dalam penelitian ini diantaranya menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis,uji N-gain, dan Uji regresi linear sederhana. Hasil analisis dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan metode diskusi Buzz Group efektif terhadap kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo. Hal tersebut dibuktikan melalui Uji Hipotesis, di mana Uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, N-Gain efektivitas penggunaan metode diskusi buzz group menunjukkan rata-rata N-Gain persen sebesar 0,7000, yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat dikategorikan sebagai efektif. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi bagi guru dalam mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi Indonesiaku kaya raya, untuk mengembangkan metode pembelajarann melalui metode Buzz Group
Tidak tersedia versi lain