UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH RASA SYUKUR DAN INSECURITY TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA IMPLIKASI PENYUSUNAN PROGRAM BK DI SMPN 7 SALATIGA

AFRIDA SRI HAPSARI - Nama Orang; Wahidin - Nama Orang;

Hapsari, Afrida Sri, 2025. Pengaruh Rasa Syukur dan Insecurity Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Implikasi Penyusunan Program BK di SMPN 7 Salatiga. Skripsi, Salatiga : Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Pembimbing : Dr. Wahidin, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) untuk mengkaji pengaruh antara rasa syukur terhadap penyesuaian diri siswa di SMPN 7 Salatiga, 2) untuk mengkaji pengaruh Insecurity terhadap penyesuaian diri siswa di SMPN 7 Salatiga 3) untuk mengkaji pengaruh antara rasa syukur dan insecurity terhadap penyesuaian diri siswa di SMPN 7 Salatiga, 4) Untuk mengkaji implikasi dalam pengaruh rasa syukur dan insecurity terhadap penyesuaian diri siswa dan penyusunan program BK di SMPN 7 Salatiga Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan skala psikologis yang meliputi variabel rasa syukur memakai konsep Muhamad bin Shalih Al-Munajjid dengan aspek 3, variabel insecure memakai konsep Harahap dengan aspek 3, variabel penyesuaian diri memakai teori Sundari dengan aspek 3. Populasi dari penelitian ini berjumlah 732 dengan sampel yang digunakan 68 yang terbagi kelas VII, VIII, dan IX. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Data diolah menggunakan bantuan program IMB. SPSS29. 0 for windows. Hasil analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh antara rasa syukur dan penyesuaian diri siswa di SMPN 7 Salatiga dengan uji regresi sederhana dan memperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari 0,005 yang berarti Ha1 diterima Ho1 ditolak. Dari hasil uji regresi sederhana terdapat pengaruh rasa syukur terhadap penyesuaian diri dengan persentase 0,502 hal ini menunjukkan hasil sebesar 50,2% yang berarti terdapat pengaruh dikategorikan sedang. 2) Terdapat pengaruh antara insecurity dengan penyesuaian diri di SMPN 7 Salatiga dengan uji regresi sederhana dan memperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai tersebut kuran dari 0,005 yang berarti Ha2 diterima Ho2 ditolak. Dari hasil uji regresi sederhana terdapat pengaruh antara insecurity terhadap penyesuaian diri dengan persentase 0,497 hal ini menunjukkan hasil sebesar 49,7% yang berarti terdapat pengaruh dikategori sedang. 3) Terdapat pengaruh antara rasa syukur dan insecurity terhadap penyesuaian diri siswa dengan uji regresi ganda dimana memperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari 0,005 yang berarti Ha3 diterima dan Ho3 ditolak. Dalam hasil uji regresi ganda terdapat pengaruh antara rasa syukur dan insecurity terhadap penyesuaian diri siswa di SMPN 7 Salatiga dengan persentase 0,488 hal ini menunjukkan hasil sebesar 48,8% yang berarti terdapat pengaruh dikategori sedang. 4) implikasi guru BK dalam mengatasi masalah tersebut diantaranya mengidentifikasi siswa dengan asesmen psikologis, guru BK menyelenggarakan program sesuai kebutuhan siswa seperti kegiatan sosial, refleksi hariab, guru BK mengadakan layanan bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, konseling individu, dan konseling kelompok, guru BK dapat membimbing siswa dalam mengembangkan ketrampilan sosial, komunikasi dan mendukung penyesuaian diri positif, guru BK dapat bekerjasama dengan walikelas, guru mata pelajaran, dan orang tua, guru BK dapat mengadakan pelatihan atau seminar terkait kesehatan mental, pentingnya meningkatkan rasa syukur, dan cara membangun kepecayaaan diri.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 HAP p
25SK0000113
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 HAP P
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 142 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,AFRIDA SRI HAPSARI;Pembimbing,Wahidin
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?