Text
Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Kelas X SMKN 1 Salatiga
Kamal, Fitria. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Kelas X SMKN 1 Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Microsoft Powerpoint, Bilangan Berpangkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan media Microsoft Powerpoint terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan berpangkat Kelas X SMKN 1 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-eksperiment) yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diterapkan Model Problem Based Learning dengan media Microsoft PowerPoint, sementara kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang disertai media Prezi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes uraian. Tes uraian matematika meliputi soal pretest dan posttest yang bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat. Data yang diperoleh dianalisa dengan uji statistik, termasuk uji normalitas, uji homogenitas, Uji Independent Sample T-Test dan Uji N- Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning yang menggunakan Microsoft PowerPoint tidak efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas X SMKN 1 Salatiga. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikan (sig) sebesar 0,08, yang lebih besar dari 0,05, yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hal ini juga ditunjukkan oleh hasil uji N-Gain yang memperoleh nilai 51,12% yang berarti kelompok eksperimen termasuk dalam kategori kurang efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning yang dilengkapi dengan Microsoft PowerPoint tidak efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas X SMKN 1 Salatiga.
Tidak tersedia versi lain