UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PEMBINAAN IBADAH MAHDHAH DAN PENGUATAN BUDAYA 5R (RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN) PADA SISWA SMK NU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Latifa Nur Iswati - Nama Orang; siti Asdiqoh - Nama Orang;

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana pembinaan ibadah mahdhah, (2) Mengetahui penguatan budaya 5R, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan ibadah mahdhah, dan (4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penguatan budaya 5R pada siswa SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 20204/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, dan siswa SMK NU Ungaran. Dalam analisis data penelitian menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan ibadah mahdhah di sekolah meliputi pembinaan oleh guru agama di saat pembelajaran dan di luar pembelajaran agama, salat duha dan zuhur berjamaah, mauidzah hasanah, pesantren kilat, pengajian, zakat, dan kurban. (2) Penguatan Budaya 5R meliputi kegiatan himbauan dari guru untuk merawat sekolah, pembiasaan praktek, pilah sampah, Bakti kali, dan tanam taman. (3) Faktor pendukung pembinaan ibadah mahdhah yaitu adanya peraturan sekolah, jadwal pembinaan, partisipasi guru dalam membina, antusias siswa, dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambatnya yaitu lingkungan pergaulan siswa, terbatasnya jangkauan pengawasan guru, dan siswa yang datang terlambat. (4) Faktor pendukung dalam penguatan budaya 5R yaitu adanya tata tertib sekolah, antusias siswa, motivasi guru, dan penerapan budaya 5R di sekolah secara rutin. Faktor penghambatnya yaitu pengaruh budaya negatif, terbatasnya jangkauan pengawasan guru, dan fasilitas yang kurang memadahi.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 ISW p
25SK0000108
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ISW P
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2024
Deskripsi Fisik
30 cm, 206 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
agama
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Latifa Nur Iswati;Pembimbing, siti Asdiqoh
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?