Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMPN 10 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 10 Salatiga, 2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 10 Salatiga, 3) Faktor penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 10 Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer penelitian ini adalah hasil dari wawancara waka kurikulum, guru PAI, dan siswa. Data sekunder penelitian ini adalah jurnal ilmiah, buku, dokumentasi, dan sumber lain yang membahas mengenai implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan oleh guru PAI di SMPN 10 Salatiga melalui pendekatan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. 2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi ini meliputi adanya platform merdeka mengajar, komunitas belajar, sarana dan prasarana, serta pemahaman dan kemampuan guru. 3) Faktor penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi meliputi kondisi kelas yang kurang kondusif dan siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain