Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET GEOMETRI SISWA KELAS X MAN 1 SEMARANG
Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini yang menjadi indikator adalah hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah diberikan perlakuan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment Design menggunakan Posttest only group design. Varabel bebas dalam penelitian ini adalah Quantum Teaching Tipe TANDUR, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Semarang, dan menggunakan metode pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling yang sebelumnya telah melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata terlebih dahulu. Selanjutnya dari pengambilan sampel dipilih tiga kelas yaitu kelas X FASE E 3 sebagai kelas uji coba, X FASE E 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X FASE E 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR sedangkan kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Penlitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogentitas, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan lebih baik dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis I yaitu menggunakan uji t berpasangan yang menunjukkan nilai thitung = 16,25159 > ttabel = 1,692 . selain itu rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis II menggunakan uji t satu pihak kanan yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 1, 7756 > ttabel = 1,668. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR efektif terhadap hasil belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain