UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET GEOMETRI SISWA KELAS X MAN 1 SEMARANG

Erma Nur Hasanah - Nama Orang; Muhamad Gani Rohman - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini yang menjadi indikator adalah hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah diberikan perlakuan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment Design menggunakan Posttest only group design. Varabel bebas dalam penelitian ini adalah Quantum Teaching Tipe TANDUR, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Semarang, dan menggunakan metode pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling yang sebelumnya telah melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata terlebih dahulu. Selanjutnya dari pengambilan sampel dipilih tiga kelas yaitu kelas X FASE E 3 sebagai kelas uji coba, X FASE E 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X FASE E 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR sedangkan kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Penlitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogentitas, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan lebih baik dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis I yaitu menggunakan uji t berpasangan yang menunjukkan nilai thitung = 16,25159 > ttabel = 1,692 . selain itu rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis II menggunakan uji t satu pihak kanan yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 1, 7756 > ttabel = 1,668. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR efektif terhadap hasil belajar siswa.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 HAS e
25SK0000104
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 HAS E
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2024
Deskripsi Fisik
30 cm, 64 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
penulis,Erma Nur Hasanah;pembimbing,Muhamad Gani Rohman
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?