Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) apakah terdapat efektivitas model problem based learning dengan media animasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tuntang tahun ajaran 2024/2025?, 2) apakah terdapat efektivitas model Problem Based Learning dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar PAI di SMP Negeri 2 Tuntang tahun ajaran 2024/2025? Jenis penelitian ini merupak…
Relandha, Alifa Iqkria. 2025. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dan Pengembangan Bakat pada Siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Pengem…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai apa saja program kurikulum berbasis program religius dalam pembentukan karakter di SMP Muhammadiyah 2 Kartasura, kemudian bagaimana implementasi kurikulum tersebut dalam pembentukan karakter, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum berbasis program karakter religius dalam pembentukan karakte…
Pemanfaatan Laboratorium PAI dalam Mewujudkan Meaningful learning pada Pembelajaran PAI-BP di SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra.Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Laboratorium PAI, Meaningful learning, Pembelajaran PAI-BP Tujuan dari penelitian…
Fasihah, Zaena Ulil. Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Menggunakan Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Struktur Bumi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivi…
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan interaksi antar komponen ekosistem melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung media diorama pada siswa kelas VII dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning, (2) menganalisis efektivitas penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan…
Sa’ida, Laila. 2025. Pengembangan Game KINGDOM Berbasis Android Construct 3 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Game Edukasi; Cons…
The study aims to find out the effectiveness of using visual media and to determine whether there is a statistically significant difference media in improving the recount writing skills of tenth-grade students at SMK Telekomunikasi Tunas Harapan in the academic year 2024/2025. The research method used is quantitative research using a pre-experimental design (one-group pretest-posttest). Data we…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode ceramah pada pokok bahasan struktur …
Zahro, Fatimatuz. 2025. Pengaruh Keteladanan Guru PAI dan Lingkungan Sekolah terhadap Ketaatan Beribadah Siswa SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Keteladanan Guru PAI, Lingkungan Sekolah, Ketaatan Beribadah. Peneli…