This study investigates the illocutionary acts performed by characters in the film "The Social Network" through the lens of Searle’s speech act theory. Focusing on the pragmatic analysis of dialogue, the study aims to identify the types of illocutionary acts present and examine the contexts in which they occur. A qualitative descriptive method was employed, focusing on an in-depth exploration…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dengan model Team Games Turnament (TGT) dengan media Mind Mapping kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas VI B yang berjumlah 2…
Implementasi; Model Contextual Teaching and Learning; Media Audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audiovisual dalam pembelajaran cerita fiksi, (2) apa saja kendala yang dihadapi selama implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audiovisual dalam pembelajaran cerita f…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui penerapan metode pembiasaan baris motorik pagi pada anak usia dini di RA Glory Islamic Kota Salatiga, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pembiasaan baris motorik pagi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik yang digunakan pene…
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi aljabar siswa kelas VII SMP Islam Sunan Giri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis rancangan quasi eksperimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Poste…
Amiroh, Safratul. 2025. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Pendek Menggunakan Metode Snowball Throwing dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Brongkol 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) S1. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. …
Rofitasari, Ririn. 2025. “Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1. Universitas Islam Neger…
Sambodo, Faqih Ajar. 2025. “Efektivitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca dan Memahami Cerita Siswa Kelas II MI Payungan Kecamatan Kaliwungu Kababupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN). Pembimbing : Imam Mas Arum…
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus; (2) Mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus; (3) Mengetahui pengaruh lingkungan dan minat belajar siswa secara simultan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa takhassus. Jenis penelitian yang digunak…
Budiningsih, Mellina. 2025. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyampaikan Pendapat Melalui Model Gamifikasi Elemen Leaderboard Dengan Media Poster Kelas IV Sdist At-Taqwa Getasan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN…