Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi nilai kedisiplinan siswa Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025. 2) Implementasi kemandirian siswa Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai kedisiplinan dan kemandirian siswa dalam program Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 202…
Sari, Putri, Novita. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berdiferensiasi Pada Materi Peluang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Mojosongo. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Problem Based Learnin…
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran takmir masjid dalam pelaksanaan kegiatan TPQ, bagaimana manajemen pelaksanaan kegiatan TPQ, bagaiamana faktor pendukung dan tantangan pada pelaksanaan kegiatan TPQ di Masjid Baitussidiqin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliput…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bangun rung sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi rasio pada siswa kelas VII SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian …
Anggraeni, Shinta. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Card Game Pada Pokok Bahasan Unsur, Senyawa, dan Campuran Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Card Game; Unsu…
Erlina, Shinta. 2025. Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Tradisi Keluarga dan Masyarakat Kelas III MI Al- Mahmud Kumpulrejo 01 Tahun Ajaran 2024 / 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakukltas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing…
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif tentang film. Fokus penelitian adalah menganalisis terapi forgiveness yang terdapat dalam anime kemudian dikaitkan dengan nilai- nilai pada bimbingan dan konseling Islam. Sumber data primer yang digunakan oleh peneliti adalah video anime Wonder Egg Priority yang diperoleh melalui link https://www.bilibili.tv/id/video/2047730940?bstar_…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Flash sale, Cashback dan Pembayaran Shopeepay terhadap Sikap Konsumtif dengan Gratitude sebagai Variabel Moderasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan kuesioner. Populasi penelitian adalah masyarakat generasi Z di Kota Semarang yang menggunakan aplikasi online Shopee Barokah dengan sampel sebanyak 385 responden. H…