Fasihah, Zaena Ulil. Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Menggunakan Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Struktur Bumi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivi…
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan interaksi antar komponen ekosistem melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung media diorama pada siswa kelas VII dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning, (2) menganalisis efektivitas penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan…
Sa’ida, Laila. 2025. Pengembangan Game KINGDOM Berbasis Android Construct 3 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Game Edukasi; Cons…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode ceramah pada pokok bahasan struktur …
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Team Based Learning (TBL) pada pokok bahasan sistem tata surya, 2) mengetahui efektivitas model Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem tata surya kelas VII di MTsN Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan true exp…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, karakteristik, kelayakan, dan kepraktisan produk pengembangan. Game edukasi ini dikembangkan dengan menggunakan platform pemrograman visual Scratch dan memuat pokok bahasan pemanasan global yang efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Salatiga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas VII dengan penerapan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) berbantuan media Augmented Reality (AR) pada materi Bumi dan Tata Surya di SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui efektivitas penerapan model Science, Environment, Technology, Society (SETS) berbantuan media Augmented Realit…
Mahing, S, Syaifullah. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Suhu dan Perubahanya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Guru Mata Pelajaran, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, …
kampus 1