Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi Dunia Geometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Pabelan tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-experimental dan desain pretest-posttest control group design. Populasi d…
Sari, Putri, Novita. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berdiferensiasi Pada Materi Peluang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Mojosongo. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Problem Based Learnin…
Fasihah, Zaena Ulil. Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Menggunakan Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Struktur Bumi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivi…
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan interaksi antar komponen ekosistem melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung media diorama pada siswa kelas VII dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning, (2) menganalisis efektivitas penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan…
Sa’ida, Laila. 2025. Pengembangan Game KINGDOM Berbasis Android Construct 3 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Game Edukasi; Cons…
Mazdina, Fitriana Nur. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team GamesTournament Berbantuan QuizWhizzer Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Pabelan.Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata K…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode ceramah pada pokok bahasan struktur …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bangun rung sisi datar kelas VII SMP Negeri 2 Bawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N…
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Team Based Learning (TBL) pada pokok bahasan sistem tata surya, 2) mengetahui efektivitas model Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem tata surya kelas VII di MTsN Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan true exp…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan cooking class di RA Glory Islamic Salatiga, untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi dengan penerapan cooking class pada anak usia 5-6 tahun di RA Glory Islamic Salatiga, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan cooking class untuk menguatkan kemampuan literasi dan numerasi pada anak usia 5-6 tahun di RA Glory Islamic Sal…